Syarat hewan Qurban yang sah

hari raya idul adha sebentar lagi akan datang, seluruh umat islam di dunia bersiap menyambut ibadah qurban, alkeinginannnya hari raya idul adha identik dengan penyembelihan hewan qurban, baik sapi ataupun domba, namun tidak semua hewan qurban(sapi/domba) layak untuk di kurban kan alkeinginannnya ada beberapa syarat yang harus di penuhi.

tidak semua hewan memenuhi syarat untuk diqurbankan alkeinginannnya dalam islam ada aturan khusus bagi hewan yang akan diqurbankan dan mereka merupakan yang tergolong dalam bahimatul an’am yaitu : unta, sapi, kambing, dan domba sebagaimana firman allah dalam al-qur’an : “dan bagi tiap-tiap umat telah kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama allah terhadap bahimatul an’am yang telah direzekikan allah kepada mereka, maka tuhanmu ialah tuhan yang maha esa, alkeinginannnya itu berserah dirilah kau kepada-nya. dan berilah kabar gemminuman beralkohola kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada allah)” (qs. al hajj: 34)

jikalau dilihat secara berurutan dalam qs. al hajj: 34, maka unta berada diurutan utama yang dgosipsul dengan sapi, kambing dan domba. hal ini dialkeinginannnyakan dengan harga dan nilai qurban yang lebih tinggi dari yang lainnya dan tentunya juga alkeinginannnya lebih banyak daging yang akan dibagikan kepada penerimanya sesampai qurban menunjukkan manfaat lebih banyak.

selain jenis hewan qurban mirip yang disebutkan di atas yaitu terdiri dari unta, sapi, kambing dan domba maka hewannyapun harus yang sehat, tidak berpenyakit sebagaimana disebutkan dalam hadits: “empat hal yang tidak boleh ada pada hewan qurban : diabsolutkan ia sakit buta, diabsolutkan ia sakit, diabsolutkan ia pincang, atau ia kurus sekali” (hr. ahmad)

adapun syarat hewan yang boleh dikurbankan yaitu
– sudah masuk umur atau usia minimal yg sudah ditetapkan dan syarat hewan qurban ini sdh diterperincikan didalam sabda nabi muhammad saw yg bersuara, ” janganlah kalian menyembelih hewan untuk berqurban melainkan musinnah kecuali jikalau itu sulit km dapatkan maka sembelihlah jadza’ah domba (hr. muslim) ”.
– hewan kurban yg telah memasuki usia minimal untuk dikurbankan (musinnah) bagi hewan domba (minuman beralkoholi – minuman beralkoholi) minimal umur genap enam bulan, hewan kambing usia minimal genap satu tahun, hewan sapi usia minimal genap dua tahun dan hewan unta usia minimal genap lima tahun.

tentunya tidak semua orang bisa berqurban satu unta atau satu sapi seorang diri sesampai allah swt lewat rasul-nya menunjukkan keringanan dalam hal ini lewat mekanisme “qurban berjamaah” yaitu seekor unta bisa patungan 10 orang dan sapi untuk 7 orang sebagaimana hadits riwayat tirmidzi : “kami pernah bersafar bersama rasulullah shallallahu’alaihi wkeinginanllam, kemudian tiba hari idul adha. maka kami patungan bertujuh untuk sapi, dan bersepuluh untuk unta” (hr. tirmidzi)

adapun untuk kambing atau domba hanya untuk 1 orang, namun pahalanya meliputi dirinya dan keluarganya, sebagaimana hadits atha bin ykeinginanr : “bagaimana para teman berqurban di mkeinginan nabi shallallahu’alaihi wkeinginanllam? abu ayyub al anshari menjawab: ‘ada yang pernah menyembelih seekor domba untuk dirinya dan keluarganya. mereka akan makan sebagiannya dan menyedekahkan sebagiannya. sesampai jadilah mirip yang engkau lihat’” (hr. tirmidzi)

kami menyediakan banyak sekali jenis hewan qurban terutama sapi qurban, kami menjual sapi qurban yang berkualitas, sesuai syariah dan kriteria hewan qurban, hewan qurban yang kami jual selalu di jaga kesehatan nya, dan juga di rawat dari pakan nya, hal ini membuat hewan qurban kami memiliki kualitas yang baik dan bebas dari penyakit.

bagi anda yang berminat dan ingin tahu lebih lanjut silakan berkunjung pribadi ke sangkar kami atau bisa menghubungi costumer service kami berikut ini:
call center 022. 8780 5529
hp. 0818 0948 5192 (xl)
hp. 0813 2148 6068 (simpati)
hp. 0856 0768 1718 (im3)
pin. bb . 5832 f5c9

lokasi sangkar :
cicaheum atas bandung

Leave A Comment